Geliat Diplomasi Kuliner Negara Taiwan di Indonesia - Hubunganinternasional.com | International Relations
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Geliat Diplomasi Kuliner Negara Taiwan di Indonesia


Kalau kalian mendengar kata TAIWAN apa yang ada di benak anda? salah satu negara city of lights? atau negeri yang kaya akan kuliner? yah tentu saja kalau membahas tentang kuliner dari Taiwan tidak akan ada habisnya inovasi dari kuliner street food yang membuat negara mereka patut di perhitungkan dalam melakukan nation branding dengan menggunakan cara diplomasi kuliner atau gastro diplomasi di berbagai dunia. Di Indonesia sendiri sudah banyak tersebar kuliner-kuliner atau jajanan yang berasal dari negara ini tapi tidak banyak pula orang tau mengenai asal dari kuliner ini. mari kita simak ada 5 snack street food taiwan yang paling hits di Indonesia.

5 Snack atau Jajanan dari Taiwan yang viral di Indonesia


Boba Milk Tea



Siapa yang tidak mengenal minuman paling viral ini? Boba yang terbuat dari gula aren mulai dari yang di buat secara manual agar tetap kenyal dan segar hingga yang instan, minuman ini merajai pasar Indonesia dengan berbagai merk minuman yang berasal dari Taiwan langsung. Dikarenakan vibes atau sambutan dari warga Indonesia sendiri sangat menyambut baik minuman ini sehingga mereka berani untuk investasi di indonesia, saat ini ada banyak merk-merk lokal dari pembuat minuman yang turut meramaikan pasar boba di Indonesia dengan mengkreasikan Boba sebagai minuman atau menu andalan dari mereka seperti Milk tea Boba, Green tea Boba, Coffee Boba dan lain-lain.


Ayam Gunting atau Shihlin

                                                         Sumber: Instagram Shihlin Indonesia

Chicken cutlet atau biasa yang disebut ayam gunting ini sudah merajai pasar di Indonesia, mulai dari mall, pusat perbelanjaan hingga di bandara. salah satu brand yang paling terkenal yang menjual ayam gunting ini adalah Shihlin dimana menurut berbagai sumber di google Shihlin merupakan suatu daerah dan menurut website official Shihlin Taiwan mereka berasal dari salah satu pasar malam yang ada di kota shihlin atau yang biasa disebut dengan Taiwan Night Market. Ayam gunting ini di racik dengan krispi dan bumbu rahasia sehingga sangat gurih untuk di santap, pastinya diantara dari kalian sudah pernah merasakan kelezatan snack atau street food shihlin ini.


Baobing atau Dessert Taiwan


 
Ini adalah salah satu Taiwan dessert yang menjadi favorit saya, look atau tampilan dan campuran dari dessert ini sebenarnya ada banyak tergantung dari resto yang menyajikan. salah satu resto yang menyediakan dessert ini yang paling terkenal di Indonesia adalah Hong tang, campurannya pun beragam mulai dari jelly, kacang almond, syrup, boba, kacang merah, nata de coco hingga ice cream sebagai topping dari dessert yang segar ini.


Fried Milk atau Susu Goreng Taiwan

Sumber: Pinterest

Kalau di Indonesia ada Es krim goreng di Taiwan ada Susu Goreng, kebayangkan? gimana meltednya ketika makan susu goreng yang diluarnya crispy tapi akan pecah di mulut ketika sudah di kunyah. foto diatas menunjukkan salah satu daerah shilin atau pasar malam shilin yang menjual streed food atau jajanan taiwan.

Giant Fried Squid atau Cumi Goreng Crispy


                                                                        Sumber: Qupas.id


Tidak hanya ayam crispy yang di jadikan snack gurih tetapi seafood pun ada, cumi goreng atau yang biasa di sebut dengan Giant Squid Fried ini banyak di perdagangkan di Taiwan Night market. penyajiannya pun sama dengan ayam gunting setelah di goreng kita dapat menikmati jajanan ini dengan berbagai topping bumbu yang gurih. cumi goreng ini bisa kalian dapatkan di pusat berbelanjaan di Indonesia.



        Itulah lima jajanan atau snack dari Taiwan yang merajai pasar di Indonesia, harapan saya negara indonesia yang terkenal sebagai surga kuliner juga dapat eksis di seluruh penjuru negara indonesia dan menjadi jajanan yang dapat di nikmati oleh orang-orang di seluruh dunia, sebagaimana yang kita ketahui makanan adalah salah satu alat diplomasi yang paling powerfull dan paling mudah menyentuh hati. 

Mengapa demikian? Menurut Macrae, Parkinson dan Macrae dalam Buku Keith Dinnie (2008) Nation Branding Concepts,issues,Practice, Nation Branding adalah sebuah perwakilan dari kombinasi unik suatu negara baik secara fungsional atau non fungsional dimana tujuannya adalah brand awareness ke publik atau dunia internasional. Makanan sendiri memiliki karakteristik yang unik dan kandungan bumbu yang berasal dari negara makanan tersebut di buat, dengan orang menikmati makanan tersebut maka otomatis orang-orang akan mencari tahu dan mempelajari dari mana asal dari makanan tersebut dengan begitu dalam konteks Nation Branding negara asal kuliner tersebut akan dengan mudah dikenali oleh masyarakat Internasional dan memiliki dampak yang baik terhadap negara tersebut baik secara ekonomi maupun politik luar negeri.




Hubunganinternasional.com
Hubunganinternasional.com Website yang Berisi tentang informasi yang berkaitan dengan disiplin keilmuan hubungan internasional, isu internasional, dan sharing knowledge segala hal yang berhubungan dengan Hubungan Internasional. Fokus utama website ini adalah pembahasan mengenai (Diplomasi, Diplomasi Publik, Gastrodiplomasi, Diaspora, Magang dan Kerja di INGO tetapi tidak menutup kemungkinan fokus hubungan internasional lain juga dapat dibahas pada website ini) Kami juga menerima tulisan atau Opini dari kalian dan apabila ada yang ingin menjadi Kontributor untuk website ini, Silahkan menghubungi admin website ini. Terimakasih

Posting Komentar untuk "Geliat Diplomasi Kuliner Negara Taiwan di Indonesia"