Pentingnya Kerjasama Memerangi Kejahatan Terorganisir Transnasional - Hubunganinternasional.com | International Relations
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Kerjasama Memerangi Kejahatan Terorganisir Transnasional


      


Kerjasama Indonesia - Serbia dalam Memerangi Kejahatan Terorganisir Transnasional






          Diketahui bahwa Indonesia dan Serbia memiliki beberapa kesamaan. Diantaranya sama-sama berada di lokasi geografis yang sangat strategis untuk melakukan perdagangan. Tetapi, tidak bisa dipungkiri jika hal tersebut juga memiliki potensi untuk memunculkan adanya tindak kejahatan terorganisasi transnasional yang kemudian membutuhkan adanya kerjasama penanganan kejahatan di antara kedua negara ini.


Manfaat Kerjasama Internasional


Dengan menjalin kerjasama secara internasional, hal ini akan sangat baik antar negara yang bekerjasama tersebut. Hal tersebut bisa untuk mempererat hubungan persahabatan antar negara. Dengan bekerja sama, maka antara satu negara dengan negara lain bisa saling membantu jika salah satunya memerlukan bantuan.


Selain itu, kerjasama juga bisa untuk menjaga perdamaian dan keamanan dunia. Hal inilah yang dilakukan antara Indonesia dan Serbia dalam kerjasama penanganan kejahatan untuk bisa menciptakan rasa aman dan damai di negara masing-masing.


Hal yang tidak kalah penting dari adanya kerjasama internasional adalah untuk meningkatkan kemajuan di berbagai bidang. Dengan begitu, negara-negara yang ada di dunia bisa menjadi negara yang maju secara lebih merata.


Pentingnya Memberantas Kejahatan Transnasional


Kejahatan transnasional merupakan masalah serius yang harus dihadapi dan diatasi secara bersama-sama. Karena jika masalah ini tidak segera diatasi, maka akan menimbulkan berbagai masalah serius lainnya, seperti merusak proses politik, melemahkan keamanan, membahayakan masyarakat, dan menghambat pembangunan ekonomi. Bahkan juga mampu mengganggu sebuah pemerintahan negara yang telah dijalankan dengan baik.


Guna memerangi tindak kejahatan transnasional, maka kerjasama antar negara pun menjadi solusi yang tepat. Hal ini akan memberikan kemudahan dan keringanan karena antar negara bisa saling membantu di dalam mengatasi kejahatan tersebut.


Dampak Kejahatan Lintas Negara


Kejahatan lintas negara yang melibatkan antara satu negara dengan negara yang lain sangatlah mengancam keamanan dan kemakmuran secara global. Hal ini bisa terjadi dikarenakan dalam tindak kejahatan tersebut turut melibatkan beberapa negara di dalamnya. Jika dilihat dari negara Indonesia sendiri yang posisinya berada di tempat strategis, menjadikannya rentan untuk mendapatkan kejahatan-kejahatan lintas negara.


Oleh karena itu, diperlukanlah suatu kerjasama dengan negara lain, salah satunya Serbia untuk bisa mengatasi kejahatan-kejahatan lintas negara yang terjadi dalam upaya memberikan perlindungan akan kepentingan dan kedaulatan nasional. Kejahatan-kejahatan yang bisa saja terjadi meliputi penyelundupan narkoba maupun penyelundupan senjata.


Penyelundupan narkoba ini haruslah segera ditanggulangi akan peredarannya dan juga perdagangan gelap yang terjadi, yakni dengan mencegah arus keluar maupun masuk narkoba atau pun prekursornya. Mengingat bahwa keberadaan narkoba yang disalahgunakan sangatlah berbahaya dan mampu merusak generasi bangsa. Sehingga, hal ini pun harus ditindak secara tegas.


Sedangkan dampak dari adanya penyelundupan senjata juga sangatlah beragam. Di mana tidak hanya bisa merugikan keuangan negara, tetapi juga bisa mematikan industri-industri nasional. Oleh karena itu, penting sekali untuk dapat membatasi serta mengurangi ruang gerak dari penyelundupan senjata dengan cara membentuk sistem pencegahan dan juga pengawasan yang efektif. 


Salah satu cara yang digagas oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly ini adalah salah satunya. Yakni dengan memperkuat kerjasama penanganan kejahatan terorganisasi transnasional yang dilakukan dengan negara Serbia.


Perjanjian Untuk Memerangi Kejahatan Antara Indonesia Dan Serbia


Sebelum digagasnya akan kerjasama untuk menangani kejahatan, antara Indonesia dan Serbia sebenarnya sudah terlibat di beberapa perjanjian yang berhubungan dengan kejahatan internasional. Perjanjian tersebut berupa United Nations Convention Against Transnational Organized Crime (UNCTOC) atau Konvensi PBB Melawan Kejahatan Terorganisasi Transnasional. Lalu United Nations Convention Against Corruption (UNCAC) atau Konvensi PBB Melawan Korupsi. Dan juga UN Drug Control Conventions atau Konvensi Pengendalian Obat-Obatan PBB.


Dengan adanya kerjasama penanganan kejahatan tersebut tidak saja akan sangat membantu di dalam mengatasi kejahatan yang ada, tetapi juga berpotensi untuk menjalin kerjasama di bidang lainnya untuk kebaikan dua negara tersebut dan juga warganya.


Mengingat bahwa kejahatan terorganisir transnasional tidak hanya dalam bentuk penyelundupan narkoba dan senjata saja, melainkan juga barang-barang ilegal lainnya. Oleh karena itu, kerjasama penanganan kejahatan yakni dengan berkolaborasi dalam mengatasinya akan menjadi cara yang efektif untuk bisa memberantas tindak kejahatan tersebut.

Hubunganinternasional.com
Hubunganinternasional.com Website yang Berisi tentang informasi yang berkaitan dengan disiplin keilmuan hubungan internasional, isu internasional, dan sharing knowledge segala hal yang berhubungan dengan Hubungan Internasional. Fokus utama website ini adalah pembahasan mengenai (Diplomasi, Diplomasi Publik, Gastrodiplomasi, Diaspora, Magang dan Kerja di INGO tetapi tidak menutup kemungkinan fokus hubungan internasional lain juga dapat dibahas pada website ini) Kami juga menerima tulisan atau Opini dari kalian dan apabila ada yang ingin menjadi Kontributor untuk website ini, Silahkan menghubungi admin website ini. Terimakasih

Posting Komentar untuk "Pentingnya Kerjasama Memerangi Kejahatan Terorganisir Transnasional"