Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Kurikulum Magang di KBRI, Kementerian, BUMN dan Perusahaan Swasta

 



Tips Agar Magang Atau Internship mu di Perusahaan Bermanfaat

Mahasiswa tingkat akhir yang akan melakukang magang atau internship tentunya sering mengalami keadaan dimana mereka merasa tidak mengerjakan apa-apa di perusahaan atau kalau tidak pasti mendengar ocehan atau cerita dari senior mereka mengenai apa saja yang dilakukan saat magang di suatu perusahaan. 

Tulisan ini bisa membantu kalian agar hal diatas tidak terjadi dan membuat magangmu lebih bermanfaat dan berfaedah. Kali ini saya akan memberikan contoh pembuatan kurikulum yang dapat mahasiswa ajukan sendiri berdasarkan template yang akan saya share namun contohnya lebih kepada magang di KBRI atau Kedutaan Besar Republik Indonesia.

Sebelum membahas contohnya, berikut adalah tips agar magang atau internship mu berfaedah ala Hubunganinternasional.com :

  1.  Riset mengenai perusahaan yang akan kamu tempati magang, lalu apa aja sih yang harus di riset? kok ribet banget? yah kalau gak mau ribet magang di tempat teman bapak mu lalu berfoto dengan direkturnya dan kirimkan ke bagian akademik mu lalu selesai? setelah itu apa yang kamu dapatkan? nothing. so dengan melakukan riset perusahaan baik dari sejarah perusahaan, visi dan misi nya lalu yang paling penting adalah divisi dari perusahaan tersebut, seperti divisi apa saja yang ada pada perusahaan tersebut lalu sesuaikan dengan minat dan jurusanmu saat kuliah.
  2. Setelah melakukan riset dan mengetahui divisi apa saja yang ada pada perusahaan tersebut maka kamu bisa membuat kurikulum sendiri agar magang mu lebih ter arah dan bermanfaat bagi kamu. contoh saja di KBRI ada berbagai divisi tergantung kebutuhan tiap perwakilan di luar negeri seperti apa kebutuhannya, seperti yang paling umum Fungsi Ekonomi, Fungsi Politik, Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya atau biasa yang disebut Pensosbud, Fungsi Protokol dan Konsuler dan atase pertahanan, pendidikan, imigrasi dan lain-lain. dari sekian fungsi tersebut kamu dapat memilih beberapa fungsi disesuaikan dengan keinginanmu.
  3. Membuat Kurikulum untuk di ajukan pada Perusahaan atau KBRI tempat kamu melamar sebagai berikut :

Contoh Surat Pengajuan Kurikulum Magang Perusahaan


Kepada Yth. Kepala Perwakilan KBRI Den Haag,

Selamat Pagi/Malam,Pagi, Perkenalkan Nama Saya ....... Mahasiswa Hubungan Internasional Semester 7 dari Universitas ......... Bersama dengan surat ini saya bermaksud untuk mengajukan kurikulum magang di KBRI Den Haag dengan harapan saya dapat berkontribusi dan merasakan semua fungsi yang ada di KBRI dengan tujuan mendapatkan pengalaman dan ilmu yang berguna bagi saya.

Rencana Kerja di Kbri Den Haag

Sebagaimana yang saya ketahui di setiap KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) atau kantor perwakilan Indonesia di luar negeri  memiliki divisi yang menangani setiap bidang kerja sama terhadap negara yang di tempati bertugas antara lain : 

1. Atase Pendidikan dan Kebudayaan
2. Atase Perdagangan
3. Atase Kejaksaan
4. Fungsi Politik
5. Fungsi Ekonomi
6. Fungsi Protokol dan Konsuler
7. Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya

Sumber: Pedoman Magang KBRI 2015 tentang batasan dan ketentuan mahasiswa magang di KBRI

Rencana periode magang yang ingin saya lakukan adalah      bulan dan lebih tepatnya pada bulan Februari hingga April 2017. Sehingga saya membagi 4 bidang di mana setiap 1 bidang yang saya inginkan berdurasi kerja 1-2 minggu dengan pertimbangan saya dapat lebih produktif dan lebih mengetahui bagaimana kinerja di setiap bidang yang akan saya tempati di KBRI Den Haag. 

Bidang yang saya inginkan adalah Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Fungsi Protokol dan Konsuler, Atase Perdagangan dan Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya.  

Demikian Kerangka Kurikulum yang saya ajukan agar kiranya Bapak dapat mempertimbangkan hal tersebut.

Atas Perhatian dan Bapak saya ucapkan banyak terimakasih.

Nama Kamu

Demikianlah contoh surat pengajuan kurikulum yang dapat berguna bagi kalian mahasiswa hubungan internasional atau pun mahasiswa jurusan lainnya, agar tidak ada lagi cerita magang hanya melakukan foto kopi arsip, membuat kopi dan teh atau bahkan hanya datang, duduk, diam dan pulang hampa. Lalu jangan mengharapkan orang-orang di perusahaan dapat mengarahkan mu setiap saat apa yang harus kamu lakukan, karena sebenarnya di dunia pekerjaan kita yang di tuntut untuk aktif mencari tahu dan mengerjakan sesuatu untuk kontribusi di suatu perusahaan, jika kalian hanya diam begitupun orang-orang di perusahaan tersebut tidak perduli denganmu.

Sekian,
Semoga Bermanfaat.
Hubunganinternasional.com
Hubunganinternasional.com Website yang Berisi tentang informasi yang berkaitan dengan disiplin keilmuan hubungan internasional, isu internasional, dan sharing knowledge segala hal yang berhubungan dengan Hubungan Internasional. Fokus utama website ini adalah pembahasan mengenai (Diplomasi, Diplomasi Publik, Gastrodiplomasi, Diaspora, Magang dan Kerja di INGO tetapi tidak menutup kemungkinan fokus hubungan internasional lain juga dapat dibahas pada website ini) Kami juga menerima tulisan atau Opini dari kalian dan apabila ada yang ingin menjadi Kontributor untuk website ini, Silahkan menghubungi admin website ini. Terimakasih

Posting Komentar untuk "Contoh Kurikulum Magang di KBRI, Kementerian, BUMN dan Perusahaan Swasta"