Pengalaman Magang di KBRI Wellington, New Zealand part 2 (End) - Hubunganinternasional.com | International Relations
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Magang di KBRI Wellington, New Zealand part 2 (End)

Tips dan Trick Magang Berkualitas di KBRI dan Perusahaan


    Hallo teman-teman, setelah sekian lama menunda untuk menulis kembali di karenakan niat yang susah 👀  akhirnya dengan mengucap bismillah part 2 ini terbit. well kali ini saya akan membahas aktifitas apa saja yang akan dilakukan di KBRI ketika magang di karenakan ada beberapa orang yang berpikiran bekerja sebagai internship di suatu institusi manapun rasanya sama saja pasti jadi tukang fotokopi atau tukang angkat teh dan kopi 😁 .  bila ada diantara kalian yang sudah pernah magang atau akan berencana magang maka sial lah kalian.

Persyaratan Administrasi Magang di KBRI


Saya tidak akan membahas secara mendalam persyaratan administrasi dari magang di KBRI dikarenakan sifat persyaratannya basic dan di tiap Perwakilan RI berbeda tapi intinya siapkan saja beberapa hal di bawah ini :

  1. Passport yang masih berlaku (wajib)
  2. Surat keterangan mahasiswa dari kampus (wajib)
  3. Transkrip nilai terakhir (wajib)
  4. surat rekomendasi dari orang yang mengenal anda baik secara akademik dan kinerja (tidak wajib tapi sangat berguna)
  5. Cv dan surat permohonan untuk magang (wajib)
  6. Surat Rencana kerja (wajib dan akan saya bahas selanjutnya)

kurang lebih hal yang mendasar yang harus di persiapkan hanya itu saja di setiap perwakilan adapun dokumen lain mengikuti kebijakan dari masing-masing perwakins, dikarenakan maraknya modus TKI illegal berkedok magang.



                                           Suasana depan kantor KBRI Wellington photo by pak arry akosah


        Selama dari tahun 2017 keberangkatan saya ke welly sudah banyak pertanyaan dan sharing mengenai bagaimana untuk bisa magang ke kbri wellington dan beberapa orang pun juga sudah berangkat, dalam mempersiapkan magang di KBRI atau pun magang di institusi manapun biar kalian tidak gabut ada tips dari saya yang di mana ide ini juga muncul dari KBRI Thailand yang ada di Bangkok, yaitu dengan membuat kurikulum atau timeline sendiri. tentunya tips ini berlaku hanya untuk orang yang memiliki keresahan yang sama dengan saya dan berniat untuk cari ilmu tapi kalau niatnya liburan silahkan berhenti baca tulisan ini 😆 .

Dikarenakan pada hari pertama anda bekerja tentunya akan dipertanyakan ekspektasi anda bekerja disini seperti apa dan apa rencana yang akan anda lakukan untuk bekerja disana, jangan harap para staff akan membantu banyak untuk anda dikarenakan mereka pun mempunyai tugas masing-masing dan tidak hanya mengurusi anda saja.

Berikut adalah contoh kurikulum yang waktu itu saya buat sewaktu magang di KBRI Wellington,


        Untuk mendapatkan dokumen diatas saya bisa dihubungi melalui kontak tertera yah teman-teman. pada bagian surat tersebut ada beberapa fungsi dan atase yang tentunya berbeda di tiap perwakilan di indonesia jadi sebelum membuat rencana tersebut pastikan anda sudah mempelajari fungsi apa saja dan atase apa saja yang ada di perwakilan tersebut tidak lupa mengetahui orang-orang yang ada di tiap fungsi tersebut. 

Hal ini berlaku juga jika anda ingin magang di perusahaan atau institusi selain kantor perwakilan indonesia atau KBRI kalau bisa pelajari tiap divisi yang ada di perusahaan tersebut lalu terapkan lah kurikulum anda sendiri untuk menghindari kegabutan duniawi 😏 .


Beberapa Kegiatan Selama Magang di KBRI


                                                              sumber : https://kabar24.bisnis.com/


Gambar diatas adalah kantor sekaligus ruangan saya di KBRI Wellington dulu menjadi tempat peralatan seni dan budaya yang dimiliki oleh KBRI Wellington dan sekarang sudah menjadi Graha Gorontalo untuk mempromosikan kebudayaan dari kota Gorontalo. 








        Hal yang paling memorable dari proses magang ini adalah saya bisa berkesempatan untuk mengikuti pertemuan tertutup bersama dengan perwakilan perdana menteri New Zealand di Wellington bersama anggota DPD RI dengan agenda pembahasan tentang kedaulatan RI dan rencana kerja sama indonesia dengan New Zealand di berbagai bidang sekaligus para Anggota DPD tersebut melakukan studi banding tentang New Zealand sebagai negara zero corruption dan integritas etos kerja yang luar biasa di pemerintahan.


                Foto bersama DPD dan perwakilan perdana Menteri New Zealand membahas tentang Zero Corruption yang 
                                                                          ada di Pemerintahan New Zealand


Sebenarnya ada banyak kegiatanya yang sudah saya lakukan di sana namun saya hanya bisa menceritakan garis besarnya saja, terimakasih sudah membaca tulisan ini apabila ada pertanyaan mengenai cara magang di KBRI silahkan menghubungi saya melalui email atau sosial media yang bisa di temukan pada bagian contact di website ini.


Terimakasih, Tena Koutou 👋
Hubunganinternasional.com
Hubunganinternasional.com Website yang Berisi tentang informasi yang berkaitan dengan disiplin keilmuan hubungan internasional, isu internasional, dan sharing knowledge segala hal yang berhubungan dengan Hubungan Internasional. Fokus utama website ini adalah pembahasan mengenai (Diplomasi, Diplomasi Publik, Gastrodiplomasi, Diaspora, Magang dan Kerja di INGO tetapi tidak menutup kemungkinan fokus hubungan internasional lain juga dapat dibahas pada website ini) Kami juga menerima tulisan atau Opini dari kalian dan apabila ada yang ingin menjadi Kontributor untuk website ini, Silahkan menghubungi admin website ini. Terimakasih

Posting Komentar untuk "Pengalaman Magang di KBRI Wellington, New Zealand part 2 (End)"