Tips dan Tricks Magang di KBRI Wina, Austria - Hubunganinternasional.com | International Relations
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips dan Tricks Magang di KBRI Wina, Austria


KBRI Wina, Austria Sumber: Facebook KBRI Wina

Tentang KBRI Wina, Austria

       Selamat datang di salah satu negeri terindah di dunia yah fauzan ucap ibu wina retnosari salah satu second secretary diplomat KBRI Wina saat itu, masih terngiang di kepala saya ketika membicarakan tentang Kota Wina. Diantara dari semua KBRI yang saya ajukan lamaran Wina lah yang paling melekat di ingatan, bagaimana tidak hanya KBRI Wina yang memberikan tes untuk bisa magang di sana selain daripada memenuhi persyaratan administrasi untuk bisa magang disana diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Surat permohonan magang ditujukan kepada Duta Besar RI di Wina. Surat memuat uraian singkat identitas peserta, maksud dan tujuan magang, institusi asal, rencana waktu magang (tanggal dan durasi) dan ditandatangani oleh calon peserta magang.
  2. Salinan Kartu Hasil Studi 2 semester terakhir yang dilegalisir.
  3. Salinan paspor
  4. Surat izin dari orang tua
  5. Surat rekomendasi dari kepala institusi pendidikan asal (Rektor atau Dekan Fakultas)
  6. CV
  7. Pasfoto 4X6
  8. Pernyataan kesanggupan orang tua/wali untuk menanggung segala biaya selama proses magang berlangsung termasuk namun tidak terbatas pada (1) biaya transportasi udara Austria - Indonesia (PP); (2) akomodasi; (3)  asuransi; (4) konsumsi; dan (5) transportasi lokal. 


Persyaratan Lain-lain dan Notes dari KBRI Wina, Austria

  1. Segala biaya yang timbul dari program magang termasuk namun tidak terbatas pada biaya transportasi Austria - Indonesia (PP), akomodasi, asuransi, konsumsi dan transportasi lokal menjadi tanggung jawab penuh peserta magang.
  2. KBRI/PTRI Wina tidak memberikan kompensasi atau remunerasi baik dalam bentuk upah, honor atau lainnya untuk segala tugas yang diberikan kepada peserta magang selama program magang berlangsung.
  3. KBRI/PTRI Wina menyeleksi aspek kompetensi dan administrasi para calon peserta magang dengan mempertimbangkan antara lain (1) nilai akademis; (2) kompetensi bahasa asing (Inggris atau Jerman); (3) minat dan bakat; (4) kesesuaian latar belakang dan tingkat pendidikan serta tema riset dengan tugas dan fungsi Perwakilan RI; dan (5) kondisi-kondisi tertentu yang ada di KBRI/PTRI Wina. (sumber : Email KBRI Wina, Austria).


       Untuk efektivitas program magang, kami sarankan magang dilakukan pada periode Februari - Juni atau September - November, mengenai bulan ini kenapa di sarankan? karena pada bulan tersebutlah anda tidak gabut dalam melaksanakan magang dalam artian di bulan tersebut ada banyak kegiatan dari KBRI Wina, Austria. 


Lalu tesnya gimana mas? okay setelah kalian berhasil menyelesaikan persyaratan administrasi diatas langkah selanjutnya adalah tes interview menggunakan Skype bersama ibu wina dan waktu itu cukup deg-deg kan karena saya pun tidak pernah menjalani tes interview seperti ini. Pertanyaan yang diajukan oleh ibu wina yaitu :


  1. Perkenalan diri anda
  2. Kenapa memilih KBRI Wina?
  3. Apa yang anda ketahui tentang KBRI Wina?
  4. sudah melamar atau apply ke KBRI dimana aja?
  5. isu-isu internasional apa yang anda ikuti saat ini? coba ceritakan?
  6. harapan anda ketika bisa lolos di KBRI Wina apa?
       Seingat saya hanya itu pertanyaan yang diajukan lalu setelah itu muncul lah magic words dari ibu wina yaitu " Fauzan Selamat yah kamu di terima di Negara Paling Indah di dunia Selamat datang di Austria" sontak saya pun tersenyum dan deg-degkan agak gemetar karena tidak menyangka sambutan ibu wina begitu hangat dengan senyuman sambutan yang menawan 😋 .  Lalu Ibu wina pun menerangkan untuk mempermudah pengurusan Visa saya maka Duta Besar akan mengirimkan Note Verbal yang tidak bisa saya share disini gambarnya karena di takutkan bisa di jadikan penyalah gunaan di kemudian hari. setelah tes tersebut saya pun berteriak lepas karena tak menyangka akan melewati hari yang hebat dan berhasil. 😅

Note verbal adalah surat yang di keluarkan oleh KBRI Wina yang isinya kurang lebih seperti undangan resmi  untuk melaksanakan magang di Wina, kepada Duta Besar Austria di Indonesia agar saya dapat dibantu dalam pengurusan Visa Magang ini. 


                                                                 Sumber: Freepik


Drama Visa Austria


        Setelah sudah dengan senangnya menerima support dari KBRI Wina saya pun menuju Kedutaan Austria di menteng Jakarta untuk melengkapi beberapa dokumen yang harus dipersiapkan, waktu itu saya lupa apa saja yang harus dipenuhi yang pastinya dokumennya standar seperti : 
  1. Surat Penerimaan resmi dari KBRI Wina, Austria
  2. Note Verbal
  3. Foto visa
  4. fotokopi paspor
  5. paspor asli
  6. surat keterangan mahasiswa asli
  7. ktp
beberapa dari dokumen tersebut masih ada yang harus di lengkapi saya menyarankan untuk langsung datang ke kedutaan austria di menteng atau kunjungi website ini https://www.bmeia.gv.at/en/austrian-embassy-jakarta/ dan langsung menelpon ke kedutaan dan menyampaikan maksud dan tujuan kalian. 

        Singkat cerita setelah saya melakukan konsultasi yang panjang dan berdiskusi dengan pihak Kedutaan Austria sepertinya saya tidak dapat melanjutkan proses visa tersebut dikarenakan proses visa untuk ke Austria, memakan waktu yang lama kalau tidak salah dibutuhkan waktu 15 hari hingga 1 bulan lamanya untuk pemeriksaan dokumen visa saya. 

Tak berapa lama, ibu wina mengirimkan email ke saya dan menanyakan kabar progress dari pengurusan visa tersebut namun saya hanya bisa membalas permintaan maaf dan melupakan mimpi saya untuk tiba di negeri terindah di dunia negeri fairy tale Austria, dikarenakan saat itu KBRI yang paling cepat merespon surat dan mempermudah pengurusan visa saya adalah New Zealand. Saya hanya bisa meminta maaf untuk mengkonfirmasi kepada ibu wina karena tidak bisa memenuhi undangan KBRI Wina untuk bisa magang di sana. 😔



                                                                   Sumber: Piaxabay


Tips & Tricks Apply KBRI Wina, Austria

        Untuk mengurangi rasa gegana gelisah galau merana kalian dalam mengurus magang di KBRI Wina, Austria berikut adalah rangkuman yang saya summarize dari kesalahan-kesalahan yang sudah saya perbuat agar kalian tidak mengulanginya di kemudian hari :
  1. Lakukan lah permohonan dari jauh hari dan jangan berharap sekali anda mengirimkan email akan dibalas oleh pihak KBRI, apalagi waktu itu keadaan KBRI sedang sibuk-sibuknya melakukan farewell terhadap staff-staff diplomat yang akan pulang ke indonesia. jadi untuk mengefisiensikan waktu kalian lakukan lah permohonan dari jauh hari agar tidak terjadi kesalahan yang seperti saya lakukan sebelumnya
  2. pengurusan visa ke Wina Austria sangat memakan waktu dan challenging jadi harap melakukan apply dari jauh hari setelah KBRI Wina menyatakan anda lolos dalam tes magang di KBRI Wina
  3. jika anda ingin apply di KBRI lainnya harap dokumen diatas wajib hukumnya sudah siap kapanpun dan paling update untuk menghemat waktu kalian, ingat TIME IS MONEY. (ohh iya jangan lupa loh surat rencana kerja kalian yang sudah saya berikan contohnya di tulisan sebelumnya)
  4. setelah kalian berhasil mengurus semua persyaratan visa dan dokumen yang dibutuhkan KBRI Wina, diharapkan kalian harus mengurus sendiri akomodasi selama di Austria dikarenakan KBRI tidak dapat mengurus hal tersebut jadi cobalah untuk menghubungi PPI (Persatuan Pelajar Indonesia di Wina) cobalah bergabung ke facebook grup mereka https://www.facebook.com/groups/ppiaustria/ fyi mencari akomodasi di Austria sangatlah susah dikarenakan Austria menjadi salah satu tujuan banyak pelajar dari seluruh dunia. kecuali anda anak sultan yang bisa bayar mahal apartemen disana pasti akan dengan mudah mendapatkan akomodasi yang kalian inginkan.
  5. Apply lah bersama dengan teman kampus kalian atau teman kelas dikarenakan bisa menghemat akomodasi selama disana dan ada teman diskusi juga ketika kalian menghadapi suatu masalah.
  6. Tetaplah jaga komunikasi kalian kepada PIC dari KBRI Wina dan konsultasikan jika kalian menghadapi suatu masalah, siapa tahu dari mereka bisa membantu masalah kalian.
  7. Jagalah sikap dan cara kalian berkomunikasi terhadap semua pihak KBRI yang kalian akan lamar untuk magang dan belajarlah bersikap formal dalam mengirim email. (hal ini bisa kalian konsultasikan ke saya tata caranya)
  8. Apply lah atau kirim lah surat permohonan pada bulan Februari - Juni atau September - November untuk ke-efektifan kinerja magang kalian tapi please konfirmasi lagi ke KBRI Wina ditakutkan timeline program kerja dari KBRI berubah dan tidak mengikuti bulan-bulan yang di rekomendasikan saat itu.
  9. Siapkan longcoat, jaket, obat-obatan pribadi dan hal-hal yang akan kamu butuhkan disana nantinya, hal ini standar sih bagi yang udah sering travelling ke negara 4 musim harusnya udah paham.
  10. Malu bertanya sesat di jalan apabila kalian menghadapi masalah dalam mengurusi dokumen administrasi seperti diatas atau kalian membutuhkan contoh surat-surat bisa menghubungi saya melalui sosial media atau email saya yah di bagian kontak di website ini.
        Akhir kata apabila ibu wina retnosari membaca tulisan saya ini, saya ingin berterimakasih sekali bu, atas bantuan dan supportnya pada tahun 2017 saya pun sewaktu magang di kemlu sempat bercerita sedikit kepada bapak dubes Rachmat Budiman tentang pengalaman saya berkomunikasi dengan ibu waktu saya apply magang di KBRI Wina kebetulan saya mengenali muka beliau ketika sehabis shalat jumat jadi saya sok akrab saja menegur beliau dan disambut hangat dan tawa 😋. Semoga suatu saat saya dapat menginjakkan kaki di Negeri Terindah di dunia seperti yang ibu ceritakan ketika waktu itu menyambut saya dengan senyuman yang tak bisa saya lupakan ketika mengingat Negara Austria.

Salam,

Muhammad Fauzan Alimuddin
Jakarta-Wina ( 09 Januari 2017)




Hubunganinternasional.com
Hubunganinternasional.com Website yang Berisi tentang informasi yang berkaitan dengan disiplin keilmuan hubungan internasional, isu internasional, dan sharing knowledge segala hal yang berhubungan dengan Hubungan Internasional. Fokus utama website ini adalah pembahasan mengenai (Diplomasi, Diplomasi Publik, Gastrodiplomasi, Diaspora, Magang dan Kerja di INGO tetapi tidak menutup kemungkinan fokus hubungan internasional lain juga dapat dibahas pada website ini) Kami juga menerima tulisan atau Opini dari kalian dan apabila ada yang ingin menjadi Kontributor untuk website ini, Silahkan menghubungi admin website ini. Terimakasih

Posting Komentar untuk "Tips dan Tricks Magang di KBRI Wina, Austria"