Diaspora di Mata Dunia Hingga Indonesia, Ini Definisinya! - Hubunganinternasional.com | International Relations
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Diaspora di Mata Dunia Hingga Indonesia, Ini Definisinya!




Belakangan istilah diaspora digunakan banyak pihak di Indonesia. Meski begitu, masih ada banyak orang yang belum mengenal makna dari istilah tersebut. Bahkan kata tersebut terbilang jarang digunakan untuk keseharian masyarakat. Istilah ini biasanya hanya digunakan pada beberapa kondisi, seperti pidato maupun judul berita agar menarik.

Dari perkembangannya, penggunaan istilah ini sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun, mengingat penggunaannya yang minim sehingga kebanyakan masyarakat awam kurang mengenal. Oleh sebab itu, saat beberapa kalangan menyebut istilah tersebut kebanyakan orang akan mencari tahu maknanya. Tahukah Anda bahwa secara umum makna istilah tersebut luas.

Hampir semua negara memiliki diaspora masing-masing. Termasuk di Indonesia juga terdapat banyak orang yang mengaitkan diri dengan penamaan istilah tersebut. Sederhananya, pernahkah Anda melihat orang perantauan yang tinggal sementara maupun menetap di suatu wilayah? Orang-orang perantauan juga berkaitan erat dengan makna istilah tersebut.

Perkembangan sejarah membuktikan terdapat banyak kisah yang melatarbelakangi seorang warna negara berpindah tempat. Bahkan di Indonesia sendiri juga terjadi pada beberapa etnik. Seperti pada masa pemerintahan Hindia Belanda yang menyebabkan pengiriman orang Jawa ke Suriname.  Berikut adalah definisi hingga perkembangannya.

Sejarah Singkat Diaspora

Untuk melihat definisinya tentu perlu mempertimbangkan asal muasal dari kata tersebut. Istilahnya memang sudah lama digunakan di dunia. Dari sejarah, orang Yunani merupakan kalangan pertama yang menggunakan istilah tersebut. Dahulu, orang Yunani menggunakannya kepada warga kota kerajaan yang bermigrasi ke area jajahan.

Tujuannya sendiri adalah untuk kolonialisasi dan mengasimilasi wilayah tersebut ke area kerajaan. Bagaimana dengan asal katanya sendiri? Asal katanya diprediksi berasal dari versi Septuaginta. Tertulis pada Kitab Ulangan 28:25. Di dalam kitab tersebut menyebutkan isitlah diaspora dalam bahasa Yunani artinya merujuk pada penyebaran kerajaan.

Istilah tersebut kemudian mengalami perkembangan pada abad ke-20. Sebagai wujud perkembangannya makna istilahnya pun berganti menjadi lebih modern. Makna asli dari istilah tersebut kemudian terlepas setelah adanya perjanjian lama yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Yunani. Kata tersebut maknanya merujuk pada penduduk Yahudi.

Pada masa 586 sebelum Masehi penduduk Yahudi dipindahkan dari Yudea serta Yerusallem. Bila diterjemahkan secara khusus istilah tersebut merujuk pada gerakan secara historis yang dilakukan oleh pendudukan etnis Israel. Tidak hanya itu, istilah ini juga mengacu pada budaya penduduk sampai masing-masing pribadinya.

Perkembangan Diaspora Indonesia

Melirik perkembangannya, rupanya masing-masing negara mempunyai catatan sejarah perihal isitlah tersebut. Tidak terkecuali sejarah perantauan orang Indonesia yang harus tinggal di luar negeri. Namun, secara umum istilah tersebut masih merujuk pada warga negara tertentu yang harus merantau dengan pertimbangan dan sejarah tertentu.

Di Indonesia, sejarah panjang orang perantauan sudah terjadi sejak masa pemerintahan Hindia Belanda. Oleh sebab itu, istilah tersebut diberikan kepada para perantauan etnik di Indonesia. Seperti misalnya kegiatan perantauan orang Melayu. Pada masa pemerintahan Kolonial Hindia Belanda banyak orang Melayu yang bermigrasi ke beberapa negara.

Seperti misalnya Belanda, Afrika Selatan, Pulau Cocos, Kaledonia Baru, Suriname, dan Pulau Natal. Sementara itu, untuk perantauan Minangkabau di dalam sejarah terjadi pada abad ke-15. Faktor penting yang melatarbelakangi adanya kegiatan merantau seperti sistem matriliineal pada adat Minang. Bahkan terdapat 1 juta lebih perantauan Minangkabau.

Di era milenial sekarang istilah yang satu ini lebih memiliki makna yang modern. Seperti halnya masyarakat milenial yang belajar dan bekerja di luar negeri. Kini, kalangan tersebut diharapkan dapat membangun negeri sendiri dengan bekal yang sudah didapat. Tentunya diaspora Indonesia masih dinantikan guna menularkan ilmunya.

Hubunganinternasional.com
Hubunganinternasional.com Website yang Berisi tentang informasi yang berkaitan dengan disiplin keilmuan hubungan internasional, isu internasional, dan sharing knowledge segala hal yang berhubungan dengan Hubungan Internasional. Fokus utama website ini adalah pembahasan mengenai (Diplomasi, Diplomasi Publik, Gastrodiplomasi, Diaspora, Magang dan Kerja di INGO tetapi tidak menutup kemungkinan fokus hubungan internasional lain juga dapat dibahas pada website ini) Kami juga menerima tulisan atau Opini dari kalian dan apabila ada yang ingin menjadi Kontributor untuk website ini, Silahkan menghubungi admin website ini. Terimakasih

Posting Komentar untuk "Diaspora di Mata Dunia Hingga Indonesia, Ini Definisinya! "