Diplomasi Bilateral, Konsep Kerja Sama Antar Dua Negara - Hubunganinternasional.com | International Relations
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Diplomasi Bilateral, Konsep Kerja Sama Antar Dua Negara



Diplomasi bilateral dikenal sebagai bentuk kerja sama yang terjalin antar negara. Berbeda dengan multilateral, jalinan kerja sama tersebut hanya terjalin pada dua negara saja. Sementara multilateral dilakukan oleh lebih dari dua negara. Indonesia sendiri juga memiliki hubungan bilateral dengan sejumlah negara tetangga.

Konsep yang dihadirkan pada diplomasi tersebut dilakukan secara formal. Misi diplomatik yang dilakukan biasanya sesuai dengan akreditasi kedua pihak. Diplomasi ini juga dianggap sebagai langkah tradisional di beberapa negara. Termasuk hubungan bilateral di dalam negeri. Umumnya juga mengedepankan azaz dan prinsip resiprositas.

Diplomasi sendiri mengacu pada hubungan yang terjalin secara internasional. Di dalamnya biasanya terdiri dari beragam aktivitas penting. Misalnya mengurus semua hal yang berkaitan dengan kebutuhan negara maupun organisasi. Misalnya pada salah satu jenis diplomasi bilateral. Dalam diplomasi mencangkup hal-hal seperti budaya dan ekonomi.

Tidak hanya itu, diplomasi juga berkaitan dengan perihal perdagangan hingga perdamaian. Salah satu bentuk diplomasi dua negara yaitu Indonesia dan Australia. Kedua negara tersebut sudah lama menjalin hubungan bilateral yang saling menguntungkan. Agar lebih jelasnya berikut kami sajikan wawasan mengenai hubungan kerja sama tersebut.

Makna Diplomasi Bilateral yang Perlu Dipahami

Makna dari istilah tersebut tidak lepas dari pengertian utamanya. Secara garis besar diplomasi tersebut merupakan bentuk pelaksanaan hubungan yang sifatnya diplomatik. Hubungan kenegaraan tersebut terjadi pada dua negara secara resmi. Kerja sama ini dilakukan lewat misi diplomatik oleh kedua negara.

Bila mengacu pada jenisnya, hal ini merupakan salah satu dari keempat macam kerja sama yang sifatnya internasional. Bahkan juga merupakan sinonim dari kerja sama yang dilakukan secara tradisional. Prinsip tradisional biasanya mengacu pada kerja sama yang dilakukan demi mendapatkan timbal balik dari kedua negara bersangkutan.

Ruang lingkup diplomasi bilateral tergantung dari jenisnya. Diplomasi tersebut erat kaitannya dengan hal-hal yang bersifat internasional. Sehingga hubungan internasional menjadi pondasi dan landasan dari adanya kerja sama bilateral kedua negara. Hubungan tersebut diwakilkan oleh seorang diplomat. Tujuannya untuk membahas masalah tertentu yang berhubungan dengan kepentingan negara.

Lewat diplomasi tersebut segala bentuk perbedaan dan sengketa yang terjadi dapat diselesaikan. Cara yang ditempuh tentu saja negosiasi kedua belah pihak untuk kepentingan bersama. Hal tersebut juga menjadi cara paling mutakhir untuk mengatasi konflik yang terjadi bagi masyarakat di kedua negara.

Tujuan dari Diplomasi Bilateral

Pihak yang biasanya menjadi perwakilan diplomasi di negara lain disebut dengan diplomat. Terdapat berbagai macam tugas yang membebani seorang diplomat. Namun, secara umum tugasnya mengacu pada tujuan yang harus diembannya. Tujuan diplomasi diupayakan agar tercapai oleh kedua belah pihak. Terutama saat terjadi konflik kedua negara.

Tujuan kerja sama bilateral adalah untuk melindungi warga negara. Terutama warga negara sendiri yang berada di luar negeri. Tidak hanya itu tujuan lainnya adalah mewakili negara diplomat di luar negeri. Hal ini menjadi tugas bagi diplomat yang bertugas di tempat kerja sama negara asal.

Seperti yang diketahui, ruang lingkupnya bisa berada di ibu kota negara diplomasi. Sebagai contohnya diplomat Indonesia yang berada di Australia. Tempatnya berada di pusat kota Australia. Tujuannya adalah menjadi perantara bagi negara Indonesia dengan pemerintah Australia. Selain itu , diplomat juga mengemban tujuan promosi tertentu.

Pada dasarnya, diplomasi menjadi media yang berperan penting terhadap kerja sama antar negara. Meski sifatnya tradisional namun hingga saat ini Indonesia masih menganut jenis diplomasi yang satu ini. Tujuannya tidak lain adalah memastikan kepentingan negara di panggung internasional lewat kerja sama diplomasi bilateral.

Hubunganinternasional.com
Hubunganinternasional.com Website yang Berisi tentang informasi yang berkaitan dengan disiplin keilmuan hubungan internasional, isu internasional, dan sharing knowledge segala hal yang berhubungan dengan Hubungan Internasional. Fokus utama website ini adalah pembahasan mengenai (Diplomasi, Diplomasi Publik, Gastrodiplomasi, Diaspora, Magang dan Kerja di INGO tetapi tidak menutup kemungkinan fokus hubungan internasional lain juga dapat dibahas pada website ini) Kami juga menerima tulisan atau Opini dari kalian dan apabila ada yang ingin menjadi Kontributor untuk website ini, Silahkan menghubungi admin website ini. Terimakasih

Posting Komentar untuk "Diplomasi Bilateral, Konsep Kerja Sama Antar Dua Negara"