Mahasiswa Hubungan Internasional Wajib Kembangkan Skill Profesional Ini - Hubunganinternasional.com | International Relations
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mahasiswa Hubungan Internasional Wajib Kembangkan Skill Profesional Ini



Menjadi mahasiswa hubungan internasional tentu saja membanggakan. Terlebih jurusan perkuliahan tersebut terbilang bergengsi untuk anak negeri. Oleh sebab itu, kini banyak lulusan SMA tertarik mengambil bidang studi yang satu ini. Namun, jangan salah karena bidang studi tersebut juga perlu ditunjang dengan beberapa skill.

Perkuliahan HI atau hubungan internasional umumnya memang identik dengan bidang diplomatik. Jurusan tersebut termasuk salah satu bidang studi yang menerapkan penyaringan ketat dalam penerimaan mahasiswanya. Terutama penyaringan terhadap calon mahasiswa yang hendak mengambil bidang studi perkuliahan. Sehingga wajar apabila jurusan tersebut menarik generasi milenial.

Seleksi yang sangat ketat menjadi salah satu tantangan yang dihadapi oleh calon mahasiswa hubungan internasional. Dengan kata lain tidak semua calon mahasiswa dapat masuk ke dalam bagian dari jurusan tersebut. Pasalnya penyaringan dilakukan guna mendapatkan mahasiswa yang memiliki kompetensi sesuai bidang tersebut.

Setelah lolos seleksi, tugas mahasiswa belum selesai. Beragam mata kuliah harus ditempuh guna menjadi lulusan yang dapat diserap oleh bidang pekerjaannya. Termasuk mengasah skill yang menjadikan lulusannya sebagai calon pekerja profesional. Terdapat beragam skill, namun berikut kami jabarkan dua keahlian yang harus dikembangkan.

Menguasai Skill Penguasaan Bahasa Asing

Mahasiswa hubungan internasional perlu memperhatikan sejumlah skill yang akan mendorongnya menjadi diplomat profesional. Sesuai namanya, jurusan tersebut selalu berhubungan dengan dunia luar. Artinya bidang yang dipelajari identik dengan hubungan diplomasi dua negara. Tentunya, dalam hal ini mahasiswa perlu mengasah kemampuan bahasa asing.

Hal ini penting mengingat dalam bidang pekerjaan yang akan ditempuh nantinya mengandalkan Bahasa Inggris. Bahkan dalam jurusan tersebut, bahasa Inggris disebut sebagai standar utama. Memang umumnya mahasiswa jurusan tersebut lebih dahulu harus mampu mengolah Bahasa Inggris dengan baik. Pasalnya komunikasi secara internasional menggunakan Bahasa Inggris.

Harapan untuk mendapatkan karier yang cemerlang bisa saja hilang jika Anda sebagai mahasiswa hubungan internasional tidak mempunyai modal tersebut. Meskipun pada dasarnya terdapat peluang pekerjaan yang dapat dimasuki oleh lulusannya. Namun, tidak menutup kemungkinan dominasi bidang pekerjaan yang didapat lulusannya menggunakan Bahasa Inggris.

Skill tersebut dapat diasah sebelum memasuki jurusan. Namun, bila belum fasih berbahasa Inggris, tidak ada salahnya untuk mengambil sesi kursus. Tidak hanya itu, sertifikat kemampuan berbahasa Inggris yang diperoleh saat kursus juga membantu Anda. Terutama saat Anda hendak melamar pekerjaan pasca lulus.

Lalu, dikarenakan bahasa inggris adalah bahasa yang sudah umum atau mutlak di kuasai di zaman ini maka perlunya dari kalian para mahasiswa menambahkan pengetahuan bahasa asing seperti bahasa Spanyol, Perancis, Mandarin, Arab dan Rusia jika melihat dari bahasa asing tersebut maka tentunya anda paham mengapa harus dikuasai? yes karena bahasa tersebut bahasa yang resmi di pakai oleh perserikatan bangsa-bangsa atau United Nations.


Kuasai Skill Analisis Kritis

Skill selanjutnya adalah perihal analisis yang kritis. Menjadi mahasiswa hubungan internasional tidak hanya mengandalkan kemampuan berbahasa saja. Anda pun perlu membekali diri dengan kemampuan berpikir yang tajam. Pasalnya hal tersebutlah yang nantinya akan dikerjakan saat sudah terjun di bidang profesional.

Sebutlah menjadi diplomat tentu memerlukan pemikiran yang kritis. Misalnya harus melakukan diplomasi tertentu terhadap permasalahan yang sedang terjadi. Lulusan bidang studi tersebut harus mempunyai wawasan yang luas. Terutama perkembangan terbaru terhadap dunia internasional. Lebih-lebih perkembangan segala hal termasuk politik di negara diplomasi.

Anda juga perlu menganalisis setiap perkembangan yang terjadi. Tujuannya agar bisa menentukan kebijakan diplomasi secara tepat. Kemampuan analisis yang kritis biasanya diasah melalui jurnal terbaru seputar hubungan internasional. Lulusan bidang studi tersebut juga harus mampu menganalisis isu dengan baik sehingga menemukan titik solusi.

Skill dalam bidang studi hubungan internasional menjadi piranti dan fondasi penting. Mahasiswa yang membekali dirinya dengan skill sesuai kebutuhan pekerjaan umumnya cenderung lebih cepat mendapatkan profesi. Beberapa skill di atas juga harus ditunjang dengan pengetahuan dari mata kuliah. Sehingga mahasiswa hubungan internasional menjadi calon profesional.

Hubunganinternasional.com
Hubunganinternasional.com Website yang Berisi tentang informasi yang berkaitan dengan disiplin keilmuan hubungan internasional, isu internasional, dan sharing knowledge segala hal yang berhubungan dengan Hubungan Internasional. Fokus utama website ini adalah pembahasan mengenai (Diplomasi, Diplomasi Publik, Gastrodiplomasi, Diaspora, Magang dan Kerja di INGO tetapi tidak menutup kemungkinan fokus hubungan internasional lain juga dapat dibahas pada website ini) Kami juga menerima tulisan atau Opini dari kalian dan apabila ada yang ingin menjadi Kontributor untuk website ini, Silahkan menghubungi admin website ini. Terimakasih

Posting Komentar untuk "Mahasiswa Hubungan Internasional Wajib Kembangkan Skill Profesional Ini "