Diplomasi Publik di Indonesia, Tujuan Hingga Ruang Lingkupnya - Hubunganinternasional.com | International Relations
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Diplomasi Publik di Indonesia, Tujuan Hingga Ruang Lingkupnya







Istilah diplomasi publik mungkin tidak asing bagi para mahasiswa bidang studi hubungan internasional. Bagi orang awam, kata diplomasi memiliki berbagai makna dan versi. Diplomasi dapat artikan sebagai sebuah keterampilan merancang pengaturan saat berurusan dengan orang lain. Sehingga tetap terlihat ramah dan dapat membantu.

Tidak hanya itu, makna dari sebuah diplomasi juga diartikan sebagai langkah negosiasi. Dalam hal ini untuk mencapai tujuan tertentu. Biasanya dilakukan oleh seorang diplomat yang mewakili suatu negara hingga organisasi. Diplomasi juga diartikan sebagai cara penyampaian suatu pesan tertentu kepada pihak lain.

Tentunya cara dalam menyampaikan informasi tersebut melalui pembicara. Diplomasi publik juga dilakukan dengan perundingan khusus. Secara umum, diplomasi berkaitan dengan hubungan internasional. Ruang lingkupnya dapat menjadi luas dengan segala macam keperluan negara dan organisasi. Misalnya untuk perihal perdagangan, ekonomi, budaya, perdamaian, dan lainnya.

Sederhananya, diplomasi merupakan sebuah seni dalam bernegosiasi atau merundingkan suatu hal hingga mencapai tujuan tertentu. Aktivitas diplomasi dilakukan melalui bilateral untuk hubungan dua negara. Sementara untuk diplomasi banyak negara dilakukan dengan perundingan multilateral. Secara singkat terdapat beberapa tujuan diplomasi, termasuk politik.

Tujuan dari Diplomasi Publik

Singkatnya tujuan diplomasi terbagi ke dalam beberapa hal. Diplomasi dilakukan untuk menjalin, meningkatkan, sampai mempererat hubungan antar negara dengan lainnya. Diplomasi yang terjalin antar negara dilakukan agar mencapai suatu tujuan bersama. Salah satu tujuan dalam jalinan diplomasi adalah politik. Diplomasi tersebut dapat terjadi antar negara.

Dalam hal ini dikenal sebagai diplomasi publik. Sesuai dengan namanya, diplomasi tersebut berkaitan dengan beberapa faktor. Berbicara mengenai politik dan diplomasi tentu mengaitkan dengan negara lain. Apalagi Indonesia sudah memulai hubungan diplomasi untuk urusan politik dengan negara lain. Termasuk perihal kebebasan politik di tanah air.

Dalam diplomasi yang satu ini tujuan utamanya mengarah pada integritas teritorialnya. Misalnya dalam konteks pertahanan. Indonesia membangun hubungan diplomasi di bidang politik guna tetap mempertahankan kemerdekaan yang sudah didapat. Tidak hanya itu, jalinan hubungan politik luar negeri dalam bentuk diplomasi juga memiliki artian lain.

Salah satu tujuan diplomasi adalah demi melindungi kedaulatan kekuasan NKRI. Mulai dari Sabang hingga perbatasan Merauke. Untuk mewujudkannya, seorang diplomatik menerapkan tiga pokok fungsi. Ketiganya yaitu representasi, negosiasi, dan reporting. Dalam hal ini diplomat mewakili Indonesia dalam perundingan dengan pihak lain.

Ruang Lingkup Diplomasi

Terdapat beberapa ruang lingkup yang mengara pada tujuan diplomasi publik. Biasanya ruang lingkup sebuah diplomasi tidak lepas dari fungsi dan tugasnya. Perihal tugas seorang diplomat terbagi ke dalam tiga poin. Pertama adalah melaksanakan setiap kebijakan politik yang telah disepakati oleh negara dan pihak lain.

Kedua, yaitu melindungi setiap kepentingan negaranya. Bahkan diplomat profesional perlu melindungi kepentingan warga negaranya di negara lain. Tidak hanya itu, poin ketiga menjelaskan tugas diplomat dalam memberikan informasi. Tugas diplomat memberikan bahan keterangan serta laporan penting kepada negara asalnya.

Misalnya laporan tentang perkembangan dunia atau negara tempat diplomat berada. Berdasarkan tugas-tugas tersebut terdapat dua ruang lingkup dasar dari diplomasi. Pertama adalah departemen luar negeri atau DEPLU. Tempatnya berada di ibu kota negara diplomasi dengan tujuan mengatur politik. Kedua yaitu perwakilan diplomatik.

Diplomat atau perwakilan diplomatik biasanya berkedudukan di ibu kota negara lain. Tugasnya tentu sebagai penyambung lidah dari negara yang diwakilinya. Sehingga urusan politik luar negeri dapat tersampaikan dengan baik kepada negaranya. Dengan demikian, diplomasi publik dilakukan dengan mempertimbangkan urusan kedua negara.

Hubunganinternasional.com
Hubunganinternasional.com Website yang Berisi tentang informasi yang berkaitan dengan disiplin keilmuan hubungan internasional, isu internasional, dan sharing knowledge segala hal yang berhubungan dengan Hubungan Internasional. Fokus utama website ini adalah pembahasan mengenai (Diplomasi, Diplomasi Publik, Gastrodiplomasi, Diaspora, Magang dan Kerja di INGO tetapi tidak menutup kemungkinan fokus hubungan internasional lain juga dapat dibahas pada website ini) Kami juga menerima tulisan atau Opini dari kalian dan apabila ada yang ingin menjadi Kontributor untuk website ini, Silahkan menghubungi admin website ini. Terimakasih

Posting Komentar untuk "Diplomasi Publik di Indonesia, Tujuan Hingga Ruang Lingkupnya "