Upaya Diplomasi Kuliner Nusantara Di Amerika Serikat - Hubunganinternasional.com | International Relations
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Upaya Diplomasi Kuliner Nusantara Di Amerika Serikat

Gastrodiplomasi Indonesia di Amerika 





        Diplomasi kuliner atau gastrodiplomacy menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan popularitas makanan dari suatu bangsa melalui diplomasi budaya yang berfokus pada pengenalan dan pemahaman mengenai kuliner tersebut kepada bangsa lain. Pengenalan kuliner suatu negara saat ini menjadi cara yang efektif untuk memperluas diplomasi dengan negara lain.


Pengertian Diplomasi Kuliner


Diplomasi kuliner dapat dikatakan sebagai instrumen diplomasi yang paling tua. Strategi diplomasi ini memanfaatkan masakan dan makanan untuk memberikan pemahaman lintas budaya untuk meningkatkan interaksi antar negara.

 

Gastrodiplomacy sebenarnya merupakan bagian dari diplomasi publik dalam bentuk yang lebih halus. Bahkan strategi diplomasi ini diketahui juga sangat efektif untuk membuka diplomasi di bidang lainnya baik sosial, ekonomi, maupun budaya. Indonesia sendiri sudah melakukan gastrodiplomacy ke sejumlah negara dengan menyajikan berbagai makanan khas Indonesia. 


Dengan banyaknya kuliner khas yang dimiliki Indonesia, tentu gastrodiplomacy menjadi hal yang mudah dilakukan. Perwakilan Indonesia pun telah mencoba berbagai cara untuk melakukan gastrodiplomacy di Amerika Serikat (AS). Melakukan gastrodiplomacy di AS bukanlah hal yang mudah bagi Indonesia karena regulasinya yang ketat dan selera masyarakat AS yang cukup unik. 


Masyarakat AS cenderung menyukai makanan cepat saji seperti steak, hotdog, dan burger. Di sisi lain, mereka juga tidak keberatan untuk mencoba makanan dari budaya lain. Untuk itu, kuliner Indonesia masih memiliki celah untuk menjadi makanan favorit masyarakat AS.


Kuliner Indonesia yang Populer di Amerika Serikat


Dengan selera lidah masyarakat AS yang tergolong unik, ada beberapa kuliner nusantara yang populer di AS, yaitu sebagai berikut:


Rendang


Rendang merupakan makanan khas Indonesia yang telah dikenal luas dan pernah dinobatkan sebagai salah satu makanan terlezat di dunia.  Meskipun memiliki citarasa yang agak pedas, rendang menjadi makanan yang banyak disukai di AS. Daging sapi yang dibumbui dengan rempah-rempah khas Indonesia memang menjadikan makanan ini memiliki citarasa yang khas dan tidak ada duanya.


Sate


Sate dengan siraman bumbu kacang ternyata tidak hanya disukai di Indonesia. Kuliner nusantara yang satu ini juga

banyak diminati di negeri Paman Sam. Penyajian sate di AS pun tidak jauh berbeda dengan Indonesia yaitu daging ayam dipotong kecil-kecil kemudian ditusuk dengan tusukan sate dan dibakar serta disajikan dengan saus kacang.


Gado-Gado


Gado-gado bisa dibilang sebagai salad khas Indonesia. Makanan ini juga  cocok dengan lidah masyarakat AS.Untuk isiannya, gado-gado tersebut sama dengan gado-gado di Indonesia seperti kol, telur, tomat, toge, kentang,kerupuk, dan bawang goreng yang disiram dengan saus kacang yang khas. 

Nasi Kuning


Nasi kuning beserta lauk pauknya menjadi menu yang cukup unik tetapi juga banyak disukai. Nasi dengan citarasa gurih tersebut disajikan dengan beberapa lauk pendamping sehingga citarasanya semakin kaya.


Balado


Makanan yang satu ini identik dengan citarasa pedas karena menggunakan bumbu rempah yang dipadukan dengan cabai merah sehingga memberikan warna merah yang menggugah selera pada makanan tersebut. Menu balado yang populer di AS adalah telur balado. Telur balado memiliki citarasa yang lebih gurih dan kaya. Balado tersebut biasanya disajikan sebagai pendamping nasi kuning atau nasi putih.


Ayam Goreng dan Sambal


Ayam goreng adalah makanan yang cukup populer di AS, termasuk ayam goreng khas Indonesia. Ayam goreng tersebut biasanya disajikan bersama dengan sambal dan nasi putih. Metode penyajian ayam goreng tersebut sebenarnya mirip dengan kebiasaan orang Amerika yang menyantap makanan cepat saji yang terdiri dari ayam goreng, saus, dan nasi atau kentang.



Pelaku Gastrodiplomacy Indonesia di AS


Diplomat


Memberikan jamuan diplomatic bagi pejabat tinggi, memperkenalkan kuliner Indonesia kepada 

anak-anak  sekolah dan Universitas yang ada di negara Setempat. biasanya cara

memperkenalkannya melalui Indonesian Expo atau Indonesia Culinary Festival.


Pengusaha makanan Indonesia di Indonesia


Selain mencoba upaya gastrodiplomacy di AS, Indonesia juga mencoba strategi diplomasi makanan ini ke beberapa negara lain. Sebagai contoh, pemerintah Indonesia telah bekerjasama dengan beberapa restoran Asia yang beroperasi di luar negeri untuk menyediakan menu khas Indonesia untuk menarik lebih banyak wisatawan ke tanah air. Cara ini diketahui sangat efektif untuk melakukan diplomasi kuliner di negara lain tanpa harus membuka restoran baru. 

Hubunganinternasional.com
Hubunganinternasional.com Website yang Berisi tentang informasi yang berkaitan dengan disiplin keilmuan hubungan internasional, isu internasional, dan sharing knowledge segala hal yang berhubungan dengan Hubungan Internasional. Fokus utama website ini adalah pembahasan mengenai (Diplomasi, Diplomasi Publik, Gastrodiplomasi, Diaspora, Magang dan Kerja di INGO tetapi tidak menutup kemungkinan fokus hubungan internasional lain juga dapat dibahas pada website ini) Kami juga menerima tulisan atau Opini dari kalian dan apabila ada yang ingin menjadi Kontributor untuk website ini, Silahkan menghubungi admin website ini. Terimakasih

Posting Komentar untuk " Upaya Diplomasi Kuliner Nusantara Di Amerika Serikat"