Kontribusi Indonesia Di Dunia Internasional - Hubunganinternasional.com | International Relations
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kontribusi Indonesia Di Dunia Internasional


Peran Indonesia Melalui Organisasi Internasional






        Sangat penting untuk suatu negara untuk menjalin hubungan secara internasional. Hal itu karena ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan sekaligus bisa berdampak pada kesejahteraan rakyat di negara tersebut. Tidak hanya itu, adanya hubungan internasional bagi suatu negara juga dapat membuat negara tersebut bisa ikut andil di dalam pengambilan kebijakan internasional.

Dalam hubungan internasional, Indonesia memiliki peran yang cukup penting dan sudah terjalin. Peran Indonesia ini tidak hanya pada satu bidang saja, melainkan di berbagai bidang, misalnya peran Indonesia dalam hubungan internasional di bidang ekonomi, politik, kesehatan, pendidikan dan lain sebagainya. Hubungan internasional sendiri adalah kerjasama yang dilakukan antara dua negara yang dijadikan sebagai upaya dalam pemenuhan kebutuhan dari masyarakat. Hampir semua negara di dunia ini memiliki hubungan internasional dengan negara yang lain, tidak terkecuali Indonesia. 

Hubungan internasional sudah muncul sejak abad ke – 20. Pengertian dari hubungan internasional seperti yang dilansir dari Encyclopedia Britanicca, hubungan internasional adalah studi mengenai hubungan negara satu dengan yang lain serta organisasi internasional. Adapun peran Indonesia dalam hal satu ini, yaitu:

Organisasi Internasional


ASEAN
Indonesia merupakan salah satu negara yang mempelopori berdirinya ASEAN atau Association of Southeast Asian National. ASEAN sendiri anggotanya adalah negara-negara yang berada di daerah Asia Tenggara. ASEAN ini didirikan berdasarkan Deklarasi Bangkok pada 8 Agustus 1967. Hubungan serta kerja sama eksternal antar negara ASEAN dikembangkan dengan melalui prinsip hubungan persahabatan yang menguntungkan banyak negara, organisasi suba kawasan, serta organisasi kawasan dan internasional. 
Indonesia memiliki sifat politik yang bebas aktif. Dimana bebas artinya tidak memihak pada blok manapun. Sedangkan aktif berarti turut untuk mengupayakan perdamaian dunia. 
Pembentukan ASEAN di dalam Deklarasi Bangkok 1967 adalah untuk mewujudkan kemajuan, kemakmuran dan perdamaian di daerah Asia Tenggara. Tidak hanya itu, ASEAN memiliki tujuan untuk memelihara kerjasama erat serta dapat bermanfaat melalui organisasi. 

PBB
Tidak hanya dengan ASEAN, peran Indonesia dalam hubungan internasional sangat penting melainkan juga pada PBB. PBB merupakan singkatan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa. PBB ini dibentuk atau didirikan supaya dapat menciptakan keamanan dan menjaga perdamaian dunia, Indonesia sendiri ikut andil menjaga perdamaian dunia. Tidak hanya itu pada periode 2019 – 2020, Indonesia berhasil untuk masuk ke dalam struktur anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB bersama dengan Belgia, Jerman, Afrika Selatan, dan Republik Dominika. Masuknya Indonesia dalam Dewan Keamanan PBB ini adalah kali yang keempat setelah sebelumnya pernah di periode tahun 1927 – 1975, 1995 – 1996, serta 2007 – 2008. 

Hubungan Internasional (Hubungan Bilateral dan Hubungan Multiteral
Indonesia sendiri menjalin hubungan bilateral dan multiteral dengan cukup banyak negara. Hubungan internasional Indonesia ini sudah dimulai dari Indonesia memproklamasikan kemerdekaan di tanggal 17 Agustus 1945. Indonesia senantiasa mempromosikan bentuk kehidupan dari masyarakat yang menjunjung nilai-nilai saling menghormati yang tinggi di dalam menjalin kerjasama. Selain itu, Indonesia juga tidak ikut campur dalam urusan di dalam negeri suatu negara. Indonesia juga melakukan penolakan pada penggunaan kekerasan dalam proses pengambilan keputusan. Sebanyak 162 negara di dunia yang sudah menjalin kerjasama dengan Indonesia.

GNB
GNB atau Gerakan Non Blok menempati posisi yang khusus dan spesial di dalam sejarah politik luar negeri Indonesia karena sejak awal Indonesia sudah berperan sentral dalam pendirian GNB. Gerakan Non Blok ini bagi Indonesia sendiri sangatlah penting karena tujuan dan prinsip GNB seperti refleksi perjuangan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan. 



OKI
OKI adalah singkatan dari Organisasi Konferensi Islam. Pembentukan dari organisasi yang satu ini awalnya karena adanya keprihatinan berbagai negara islam atas masalah-masalah yang dihadapi oleh orang-orang atau umat islam maupun untuk meningkatkan solidaritas antar negara yang menjadi anggota. Tidak hanya itu, peran Indonesia dalam organisasi yang satu ini adalah untuk melindungi berbagai tempat suci islam, kemudian untuk mendukung perdamaian dan keamanan secara internasional.

Nah itulah peran Indonesia dalam hubungan internasional dengan berbagai negara maupun organisasi. Hubungan internasional antar negara tentu akan memberikan banyak dampak yang positif bagi suatu negara. Tidak heran jika suatu negara terus berlomba untuk melakukan kerjasama dengan negara-negara lain. Sebenarnya masih banyak kontribusi Indonesia di beberapa organisasi internasional tunggu tulisan penulis selanjutnya.

Hubunganinternasional.com
Hubunganinternasional.com Website yang Berisi tentang informasi yang berkaitan dengan disiplin keilmuan hubungan internasional, isu internasional, dan sharing knowledge segala hal yang berhubungan dengan Hubungan Internasional. Fokus utama website ini adalah pembahasan mengenai (Diplomasi, Diplomasi Publik, Gastrodiplomasi, Diaspora, Magang dan Kerja di INGO tetapi tidak menutup kemungkinan fokus hubungan internasional lain juga dapat dibahas pada website ini) Kami juga menerima tulisan atau Opini dari kalian dan apabila ada yang ingin menjadi Kontributor untuk website ini, Silahkan menghubungi admin website ini. Terimakasih

Posting Komentar untuk "Kontribusi Indonesia Di Dunia Internasional "