Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Diplomasi dalam Hubungan Internasional

Peran Diplomasi dalam Hubungan Antar Negara 







Diplomasi dan Negosiasi adalah 2 hal penting yang tidak bisa untuk terpisahkan dari hubungan internasional. Itu karena setiap negara tentunya mempunyai berbagai kepentingan nasional sendiri yang harus untuk dicapai. Namun kepentingan nasional itu tidak akan bisa dicapai apabila tidak ada interaksi dengan negara lain, apalagi di era globalisasi seperti sekarang. Diplomasi adalah salah satu cara yang cukup sering digunakan oleh berbagai negara kini guna memenuhi segala kebutuhan hingga untuk mempertahankan hegemoni. Diplomasi sendiri telah memainkan peran yang besar di dalam berbagai kebijakan internasional karena itu banyak permasalahan yang dapat selesai dengan menggunakan cara satu ini. Berikut di bawah ini akan dijelaskan mengenai arti dari diplomasi serta beberapa hal lain yang terkait dengan pentingnya diplomasi pada dunia internasional. 

Diplomasi memiliki cukup banyak definisi menurut beberapa ahli. Menurut John R. Wood dan Jean Serres (Freeman, 1994:75), diplomasi adalah seni untuk memecahkan lagi berbagai kesulitan internasional dengan damai, diplomasi merupakan teknik guna menguasai serta mengeksploitasi secara sesuai di dalam hubungan internasional. Sementara menurut Harold Nicolson (Freeman, 1994: 75), definisi dari diplomasi adalah pengelolaan hubungan internasional antara berbagai negara merdeka dengan proses negosiasi. 

Diplomasi adalah hal penting di dalam sistem global serta memiliki kaitan dengan politik luar negeri. Dalam diplomasi ada dua konsep yang bisa dilihat dari perspektif yang makro dan perspektif yang mikro. Diplomasi jika dilihat dari konsep makro akan lebih mengarah pada komunikasi secara global yang mana menjadi hal utama di sistem global. Di sini diplomasi memiliki maksud untuk mencegah terjadinya konflik yang bisa memunculkan perang atau menciptakan kestabilan global. Sementara jika dilihat melalui konsep mikro dari aktor internasional pada setiap negara, diplomasi menyediakan pemahaman mengenai perilaku dari berbagai aktor dunia internasional di sistem global. 

Tidak hanya berkaitan dengan politik luar negeri, diplomasi juga memiliki kaitan dengan kepentingan serta kekuatan nasional. Kepentingan nasional menurut Morgenthau (Glanville, 2005 :33) adalah hal rasional serta tidak hanya menyangkut tentang politik namun juga tentang moral dalam berinteraksi dengan negara uang lain. Kemudian, kekuatan nasional mempunyai dua bentuk yaitu soft power dan hard power. Kekuatan nasional dahulu sebelum perang dingin berakhir lebih dipahami sebagai atribut saja. Tidak heran jika suatu negara cukup sering untuk melakukan kekerasan dalam mengejar kekuatan nasional. 

Bagaimana Pentingnya Diplomasi dalam Hubungan Internasional?  
Seperti yang dikatakan sebelumnya dalam hubungan internasional, pentingnya diplomasi adalah hal yang cukup berpengaruh pada hubungan antar negara. Diplomasi sendiri dapat berhasil jika suatu negara mempunyai kemampuan dalam bernegosiasi secara baik guna menangani berbagai permasalahan serta mencapai kepentingan nasional. Maka dari itu dapat dikatakan jika diplomasi dan negosiasi penting untuk dilakukan. Dengan cara diplomasi negara bisa untuk memenuhi secara mencapai kepentingan nasional dengan cara kerja sama antar negara. 

Seperti yang diketahui, setiap negara memiliki kepentingan nasional sendiri sehingga diplomasi dijadikan suatu cara atau taktik atau alat untuk mencapai kepentingan tersebut. Nah kepentingan tersebut itulah yang nantinya akan memberi pengaruh pada kebijakan di suatu negara serta menentukan bagaimana posisi serta perilaku di hubungan internasional. Selain itu di dalam mencapai semua kepentingan, suatu negara harus memikirkan mengenai kekuatan nasional yang dimiliki. Hal itu karena kekuatan nasional adalah hal signifikan di dalam pencapaian kepentingan nasional. Semua kepentingan bagi setiap negara itu yang akhirnya nanti akan mengarahkan mengenai bagaimana proses politik luar negeri yang baik akan menyangkut tentang kebijakan luar negeri yang akan dibuat ataupun menyangkut keadaan dari politik internasional. 

Melakukan diplomasi publik dapat membawa cukup banyak keuntungan bagi suatu negara. Keuntungan-keuntungan tersebut antara lain dapat mengurangi kemunculan suatu konflik, meningkatkan citra suatu negara di mata public, mencegah intervensi, dan lain sebagainya. Dengan begitu perdamaian dunia juga dapat terjaga sebaik mungkin. 
Nah dengan mengetahui bagaimana pentingnya diplomasi bagi suatu negara maupun dalam dunia hubungan internasional, negara bisa untuk melakukan diplomasi secara sebaik mungkin demi bisa mencapai kerjasama yang baik dengan negara lain maupun menjaga kestabilan dunia. 

Hubunganinternasional.com
Hubunganinternasional.com Website yang Berisi tentang informasi yang berkaitan dengan disiplin keilmuan hubungan internasional, isu internasional, dan sharing knowledge segala hal yang berhubungan dengan Hubungan Internasional. Fokus utama website ini adalah pembahasan mengenai (Diplomasi, Diplomasi Publik, Gastrodiplomasi, Diaspora, Magang dan Kerja di INGO tetapi tidak menutup kemungkinan fokus hubungan internasional lain juga dapat dibahas pada website ini) Kami juga menerima tulisan atau Opini dari kalian dan apabila ada yang ingin menjadi Kontributor untuk website ini, Silahkan menghubungi admin website ini. Terimakasih

Posting Komentar untuk "Pentingnya Diplomasi dalam Hubungan Internasional"