Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peran Penting PBB Menciptakan Keamanan Internasional

 Peran Perserikatan Bangsa-Bangsa Untuk Menjaga Keamanan dan Ketertiban Dunia Internasional



Membutuhkan bantuan dari orang lain adalah hal yang terus terjadi dalam melangsungkan kehidupan. Maka dari itu, manusia harus saling hidup dengan damai serta bekerjasama. Meskipun begitu tetap saja ada hambatan kepentingan untuk mencapai tujuan. Sama halnya dengan negara-negara yang ingin untuk hidup damai dan bekerjasama dengan negara lain. Pasti ada juga hambatan ataupun benturan kepentingan yang tidak dapat untuk dihindari, yang mana nantinya bisa berdampak seperti terjadinya perpecahan hingga peperangan. 

Tentunya setiap terjadi perpecahan seperti peperangan akan berdampak kehancuran bagi negara-negara yang berperang tersebut. Bahkan bisa saja suatu bangsa atau negara hilang karena peperangan tersebut. Oleh karena itu perlu dilakukan sebuah pencegahan terjadinya perpecahan dan peperangan dengan pembentukan badan yang dapat berperan untuk mendamaikan konflik antar negara, dengan begitu keamanan dunia internasional pun terjaga. 

Itulah hal-hal yang menjadi alasan terbentuknya organisasi perdamaian dunia yaitu PBB. Sekarang ini peran PBB dalam menciptakan keamanan dunia sangatlah penting. Bahkan PBB bisa mewujudkan dinamika di dalam hubungan internasional seperti liberalisme yang mana merupakan pemikiran jika perang antar negara tidak akan menghasilkan keuntungan bagi negara manapun atau siapapun, hanya menyebabkan banyaknya korban berjatuhan dan kerusakan dimana-mana. 

Awal Berdiri, Tugas-Tugas dan Fungsi PBB


PBB atau Perserikatan Bangsa-Bangsa berdiri pada tanggal 24 Oktober 1945. Terbentuknya PBB adalah untuk mendorong kerjasama internasional antar negara. PBB didirikan setelah Perang Dunia II dan merupakan pengganti dari Liga Bangsa-Bangsa yang berperan untuk mencegah hal serupa terjadi lagi. Awal didirikan PBB memiliki anggota 51 negara dan sekarang hingga ratusan negara. Tujuan utama dari terbentuknya PBB adalah untuk menjaga perdamaian dunia dan menciptakan keamanan dunia hingga menyediakan bantuan kemanusiaan apabila terjadi bencana alam, bencana kelaparan, dan konflik bersenjata. 

Sejak awal berdiri, PBB sudah mengatasi perselisihan perang antar negara. PBB juga memberikan keyakinan pada semua pihak berselisih tersebut melakukan pertemuan untuk meredakan perselisihan dan berdamai demi tidak terjadi lagi konflik bersenjata. Dalam peran PBB dalam menciptakan keamanan dunia, dilakukan dengan dua pendekatan yaitu secara damai atau paksa. Jika secara damai adalah dengan melakukan pertemuan, kemudian perundingan hingga kerjasama. Namun jika secara paksa, tindakan restorasi adalah yang dilakukan oleh PBB. 

Sebagai sebuah badan internasional fungsi PBB dapat dilihat dari seberapa besar manfaat yang diberikan oleh badan ini pada masyarakat internasional. PBB sangat diharapkan dapat menjalankan fungsi dengan baik. Mulai dari fungsi proteksi, fungsi integrasi, fungsi sosialisasi, fungsi pengendalian konflik, fungsi kooperatif, fungsi negosiasi, hingga fungsi arbitrase. 

Peran PBB dalam Hubungan Internasional


Peran PBB dalam hubungan internasional cukup penting dan banyak, tidak hanya pada bidang keamanan, perdamaian dan kemerdekaan, namun peran PBB juga mencakup bidang kehidupan ekonomi, sosial dan budaya serta bidang kemanusiaan.  Dalam bidang keamanan, perdamaian, dan kemerdekaan beberapa contoh peran yang dilakukan PBB adalah seperti menyelesaikan sengketa antara Indonesia dan Belanda, mencegah terjadinya atau timbulnya perang nuklir, menyelesaikan masalah penjajahan yang terjadi di cukup banyak daerah Afrika sehingga membuat munculnya beberapa negara baru di kawasan tersebut. Lalu dalam bidang kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya, PBB berperan dalam memberikan berbagai bantuan untuk kesejahteraan negara-negara berkembang melalui badan khususnya, menghapuskan bentuk-bentuk dominasi rasial, menghapuskan diskriminasi terhadap wanita, penanggulangan penyakit menular atau pandemic. 

Sedangkan dalam bidang kemanusiaan, beberapa contoh peran PBB adalah seperti mengesahkan The Universal Declaration of Human Right di tanggal 10 Desember 1948 dan berusaha dalam menanggulangi bencana kelaparan yang terjadi pada beberapa negara di dunia seperti Somalia, Afrika dan Ethiopia. 

Sejak awal berdiri sebenarnya PBB sudah menunjukkan peran yang penting dalam kehidupan damai antar negara di dunia. Dalam hubungan internasional, peran dan tujuan PBB yang berusaha untuk terus menciptakan keamanan dan menjaga perdamaian dunia tentu sangat berpengaruh besar. Hal itu karena di sini PBB sangat mendorong terjadinya kerjasama internasional antar negara di dunia. 

Demikian pembahasan mengenai peran PBB dalam menciptakan keamanan dunia dan dalam dunia hubungan internasional antar negara. Semoga bermanfaat!

Hubunganinternasional.com
Hubunganinternasional.com Website yang Berisi tentang informasi yang berkaitan dengan disiplin keilmuan hubungan internasional, isu internasional, dan sharing knowledge segala hal yang berhubungan dengan Hubungan Internasional. Fokus utama website ini adalah pembahasan mengenai (Diplomasi, Diplomasi Publik, Gastrodiplomasi, Diaspora, Magang dan Kerja di INGO tetapi tidak menutup kemungkinan fokus hubungan internasional lain juga dapat dibahas pada website ini) Kami juga menerima tulisan atau Opini dari kalian dan apabila ada yang ingin menjadi Kontributor untuk website ini, Silahkan menghubungi admin website ini. Terimakasih

Posting Komentar untuk "Peran Penting PBB Menciptakan Keamanan Internasional"