Jurusan Hubungan Internasional Dilirik Milenial, Ini Rincian Kariernya - Hubunganinternasional.com | International Relations
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jurusan Hubungan Internasional Dilirik Milenial, Ini Rincian Kariernya



Jurusan hubungan internasional kini mulai dilirik oleh beberapa kalangan muda. Terutama bagi yang ingin meniti karier di bidang tersebut. Kepopulerannya dianggap sebagai salah satu jurusan yang bergengsi bagi generasi milenial. Sederhananya, jurusan tersebut mewakili cakupan pembelajaran yang mengarah pada suatu hubungan antara negara.

Sehingga dapat dikatakan bahwa lulusan jurusan tersebut memiliki skill dalam meneliti kebijakan luar negeri. Bahkan lulusannya juga terampil dalam menjalin hubungan terhadap negara lain. Jurusan yang satu ini juga masih erat kaitannya dengan state actor. Istilah tersebut sebenarnya sudah lama dikenal sebagai diplomat.

Memilih jurusan pada saat hendak kuliah memang menjadi pertimbangan yang penting. Termasuk saat Anda akan mengambil kuliah dengan jurusan hubungan internasional. Jurusan ini umumnya cocok dengan karakter orang yang pandai bernegosiasi. Pasalnya, dalam mata kuliah yang akan dipelajari tidak berbeda jauh dengan topik negosiasi.

Selain perihal negosiasi dengan negara lain, mahasiswa yang menempuh jurusan tersebut akan mendapatkan sejumlah mata kuliah lainnya. Seperti misalnya komunikasi internasional yang melibatkan beberapa pihak penting. Sementara itu, banyak lowongan terbuka untuk lulusan jurusan tersebut. Alasan mata kuliah dan prospek kariernya menjadi pertimbangan milenial.

Mengenal Jurusan Hubungan Internasional

Bila berbicara mengenai definisinya, terdapat beragam artian mengenai jurusan ini. Namun, secara umum apabila dilihat dari namanya berarti interaksi yang terjadi antar negara. Akan tetapi, sebenarnya definisi dari jurusan tersebut bisa memiliki cakupan yang lebih luas lagi. Hal inilah yang menjadi dasar peluang karier lulusannya.

Jurusan hubungan internasional juga dapat digambarkan sebagai interaksi antar individu negara. Artiannya bisa juga diselaraskan sebagai hubungan yang terjalin antara satu negara dengan lainnya. Definisinya juga masih ada hubungannya dengan politik. Kebijakan luar negeri dan aktivitas yang terkait di dalamnya juga ada pada jurusan tersebut.

Singkatnya, jurusan ini berkaitan dengan segala aktivitas yang melibatkan kerja sama, kebijakan dan politik luar negeri, serta interaksi antar negara. Oleh sebab itu, terdapat beberapa buku dan mata kuliah yang menunjang skill lulusannya nanti. Buku-buku yang perlu dipilih berdasarkan relevansinya dengan penerapan skill mahasiswa.

Seperti pembahasan mengenai ekonomi yang nantinya juga dipelajari. Buku yang dapat dipelajari misalnya Ilmu Ekonomi untuk Indonesia dan global. Tidak hanya itu, pelajaran seperti diplomasi, hukum internasional, ilmu politik Indonesia dan global, serta negosiasi dan mediasi juga ada di dalamnya.

Karier Jurusan Hubungan Internasional

Mengambil jurusan dengan pertimbangan prediksi karier di masa depan adalah bentuk analisis yang bagus. Lalu, bagaimana dengan karier yang bisa Anda ambil? Apabila melihat dari berbagai macam pelajaran yang ditempuh bisa dikatakan jurusan tersebut memiliki prospek karier bagus. Artinya terdapat bidang-bidang yang cocok diisi lulusannya.

Hal ini tentu sudah dibuktikan sendiri oleh setiap lulusannya. Prospek karier lulusan jurusan tersebut salah satunya adalah sebagai dosen. Prospek karier tersebut melihat sebagian besar mata kuliah yang ditempuh cocok menjadi bekal mahasiswa. Selain itu, karier sebagai peneliti konsultan internasional juga cocok untuk lulusannya.

Lulusannya juga memiliki kesempatan bekerja di perusahaan multi nasional. Bahkan kesempatan berkarier di perusahaan asing terbilang tinggi untuk lulusan jurusan tersebut. Bagi lulusan yang sedang dengan mata kuliah politik dapat menjadikannya sebagai bekal untuk menjadi politisi. Lebih dari itu, Anda mudah menjadi diplomat dan penerjemah.

Prospek karier untuk setiap jurusan yang diambil tentu bervariasi. Tergantung dari peluang kerja pada beberapa tahun mendatang. Melihat apa yang dipelajari pada jurusan yang berkaitan dengan hubungan internasional, otomatis cakupannya luas. Jadi, lulusan jurusan hubungan internasional berpeluang besar terhadap banyak bidang pekerjaan profesional.

Hubunganinternasional.com
Hubunganinternasional.com Website yang Berisi tentang informasi yang berkaitan dengan disiplin keilmuan hubungan internasional, isu internasional, dan sharing knowledge segala hal yang berhubungan dengan Hubungan Internasional. Fokus utama website ini adalah pembahasan mengenai (Diplomasi, Diplomasi Publik, Gastrodiplomasi, Diaspora, Magang dan Kerja di INGO tetapi tidak menutup kemungkinan fokus hubungan internasional lain juga dapat dibahas pada website ini) Kami juga menerima tulisan atau Opini dari kalian dan apabila ada yang ingin menjadi Kontributor untuk website ini, Silahkan menghubungi admin website ini. Terimakasih

Posting Komentar untuk "Jurusan Hubungan Internasional Dilirik Milenial, Ini Rincian Kariernya"