Syarat Masuk Jurusan Hubungan Internasional, Cermati Sebelum Mendaftar - Hubunganinternasional.com | International Relations
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syarat Masuk Jurusan Hubungan Internasional, Cermati Sebelum Mendaftar



Syarat masuk jurusan hubungan internasional bervariasi tergantung dari tempat Anda mendaftar. Umumnya, untuk masuk ke jurusan tersebut perlu perjuangan. Hal ini dikarenakan tidak semua universitas membuka peluang masuk untuk jurusan tersebut. Artinya hanya beberapa nama universitas yang menyediakan jurusan yang satu ini.

Tidak hanya itu saja, untuk mendaftar menjadi mahasiswa di jurusan ini tidaklah mudah. Anda harus bersaing dengan pendaftar lainnya dari penjuru negeri. Anda juga harus bersaing secara ketat pula jika mendaftar di luar negeri. Beberapa kampus Indonesia menyediakan bangku yang cukup terbatas.

Tiap tahunnya rata-rata jumlah kursi yang disediakan kampus dalam negeri tidak lebih dari 50 buah. Sementara pendaftar dari penjuru Indonesia bisa mencapai ribuan setiap tahunnya. Tentu syarat masuk jurusan hubungan internasional juga menjadi prioritas dalam seleksi tersebut. Bahkan passing grade-nya memiliki cakupan angka tinggi.

Mengapa syarat dasar menjadi penting? Hal ini karena materi perkuliahan yang nantinya diberikan merupakan pengembangan dari syarat tersebut. Sehingga bisa dikatakan lulusan jurusan tersebut akan terjun dengan kriteria yang ketat. Layaknya syarat yang harus dicermati calon pendaftar berikut ini.

Memilih Jurusan Hubungan Internasional

Bila berbicara mengenai alasan memilih jurusan tersebut tentu masing-masing orang memiliki alasan masing-masing. Salah satunya adalah perihal keuntungan yang didapat saat memasuki jurusan tersebut. Apalagi jika melihat syarat masuk jurusan hubungan internasional yang beragam. Hal tersebut membuktikan bahwa jurusan tersebut memang memiliki prospek besar.

Seorang lulusan dari jurusan tersebut biasanya tidak jarang mendapatkan peluang bagus. Misalnya peluang bergabung dengan salah satu lembaga internasional. Salah satunya yaitu lembaga internasional dunia PBB. Hal ini akan menjadi peruntungan besar jika pembelajar membekalinya dengan bahasa asing. Seperti bahasa Inggris, Arab, Perancis, dan Spanyol.

Kemampuan berbahasa tersebut juga menambah nilai peluang bagi lulusannya dalam bergabung pada lembaga internasional.  Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa jurusan tersebut diminati. Alasan lainnya yaitu tentang perekrutan di lembaga dalam negeri. Satu di antaranya Kementerian Luar Negeri yang merekrut lulusannya.

Tidak hanya itu, para pembelajar jurusan tersebut akan dipersiapkan untuk menjadi pribadi yang siap go internasional. Apalagi saat ini banyak perusahaan multinasional. Hal tersebut bisa menjadi peluang yang bagus bagi lulusannya. Terutama lulusan yang ingin bekerja di dalam maupun luar negeri.

Syarat Masuk Jurusan Hubungan Internasional

Bila berbicara mengenai ragam syaratnya terdapat enam hal mutlak yang perlu dicatat oleh calon pendaftar. Keenam hal penting tersebut merupakan syarat mutlak yang sudah harus ada di dalam diri pendaftar. Dengan demikian saat memasuki perkuliahan Anda tinggal mengembangkannya menjadi tenaga kerja siap guna.

Keenam syarat masuk jurusan hubungan internasional yaitu komunikasi, bahasa asing, pikiran kritis, analisis, negosiasi, dan persuasi serta problem solving. Seseorang yang ingin menjadi profesional di bidang hubungan internasional harulah memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Hal ini mengingat bidang pekerjaan yang dihadapi nanti berkaitan dengan komunikasi antar pihak.

Tidak hanya itu, pemahaman mengenai bahasa asing juga menjadi penunjang sekaligus syarat. Pasalnya tempat kerja seorang lulusan tersebut berhubungan dengan dunia luar. Syarat berpikir kritis dan mampu menganalisis menjadi faktor penting sebelum mendaftar. Nantinya lulusannya harus cepat tanggap dengan isu terkini.

Bahkan lulusannya harus mampu melakukan negosiasi secara tepat. Sehingga tetap dapat melakukan diplomasi guna memecahkan masalah yang sedang terjadi. Pada intinya, mencermati setiap syarat masuk jurusan menguntungkan. Apalagi untuk mendapatkan jurusan yang tepat. Maka syarat masuk jurusan hubungan internasional tersebut perlu dipertimbangkan.

Sebenarnya syarat diatas adalah bersifat tidak mutlak dalam hal menentukan masuk tidaknya kalian di jurusan tersebut pada suatu universitas, namun alangkah baiknya jika sebelum memasuki jurusan Hubungan Internasional kalian sudah paham apa saja yang akan di lakukan pada saat berkuliah dengan jurusan tersebut, sehingga tidak ada lagi kata salah jurusan karena ketidak tahuan dari si calon pendaftar dan kompetensi yang menjadi syarat di atas mutlak di miliki setiap lulusan hubungan internasional.

Hubunganinternasional.com
Hubunganinternasional.com Website yang Berisi tentang informasi yang berkaitan dengan disiplin keilmuan hubungan internasional, isu internasional, dan sharing knowledge segala hal yang berhubungan dengan Hubungan Internasional. Fokus utama website ini adalah pembahasan mengenai (Diplomasi, Diplomasi Publik, Gastrodiplomasi, Diaspora, Magang dan Kerja di INGO tetapi tidak menutup kemungkinan fokus hubungan internasional lain juga dapat dibahas pada website ini) Kami juga menerima tulisan atau Opini dari kalian dan apabila ada yang ingin menjadi Kontributor untuk website ini, Silahkan menghubungi admin website ini. Terimakasih

Posting Komentar untuk "Syarat Masuk Jurusan Hubungan Internasional, Cermati Sebelum Mendaftar "